Cara Merawat atau Memelihara Hamster  

Posted by rian cebe

Untuk bisa merawat hamster,pasti anda harus punya hamster terlebih dahulu. Untuk bisa mempunyai hamster anda harus punya membeli dulu. Untuk bisa membeli hamster tentu anda harus mempunyai uang. Halah malah nglantur. Mungkin anda bingung dan bertanya "Berapa harga seekor hamster?" jawabannya....
tidak pasti. Harga hamster berbeda-beda sesuai umur dan jenis hamster. Berikut jenis-jenis hamster yang saya ketauhi :
  • Roborovski
http://www.petwebsite.com/hamsters/hamsters_images/roborovski_hamster_000003009208X.jpg
Hamster jenis roborovski adalah jenis hamster terkecil.Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm Jadi walaupun sudah dewasa tubuh mereka tetap kecil. Roborovski memiliki muka yang imut dan lucu.
Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Diantara semua jenis hamster,roborovski adalah hamster paling penakut. Jadi saran saya, jika anda ingin memelihara hamster untuk lucu-lucuan,untuk dimanja,untuk memegang-megang,mengelus-elus sebaiknya anda jangan memilih jenis roborovski. Setiap anda ingin memegang pasti si hamster akan ketakutan dan berlari-lari seperti stress, padahal tidak. Lalu jika anda ingin mengembang biakkan hasmter roborovski boleh saja, tapi jenis roborovski adalah jenis hamster yang paling susah untuk dikembang biakkan. Walaupun hasmter saya sudah dewasa, tapi hamster roborovski saya tak kunjung mempunyai bayi. Setelah lama 5 bulan setelah pembelian akhirnya robo saya melahirkan. Hore!!roborovski saya melahirkan 4 bayi hamster. Memang roborovski tidak bisa melahirkan banyak bayi seperti hamster lain yang bisa melahirkan hingga 8 bayi.Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.

http://www.hamsterific.com/images/hamsters/RobMomNBabies.jpg
Kelebihan Hamster Roborovski = Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.

Kekurangan Hamster Roborovski = Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman. Sifatnya terlalu penakut. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.

  • Hamster Campbell
Merupakan hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain. Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai "hamster galak" karena tidak jarang menggigit tangan kita. Tapi saya sendiri yakin kalau ini hanyalah akibat dari perlakuan yang salah dari para peternak dipadu dengan sifat 'berani' dari hamster campbell sehingga jika merasa terancam hamster campbell memiliki kecenderungan untuk menggigit. Tapi dengan perlakuan yang lembut dan usaha untuk menanamkan kembali kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi sangat jinak dan teman yang sangat menyenangkan.

Kelebihan Hamster Campbell = Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan Hamster Campbell = Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan. Hamster ini sering diternakkan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster Syrian.


  • Hamster Panda
Hamster jenis panda memiliki warna bulu hitam dan putih seperti binatang panda. Hamster jenis ini juga suka menggigit. Saya dulu punya hasmter jenis panda, tapi saya jual karena saya tidak suka dengan hamster yang menggigit. Sebaiknya jangan berikan hamster jenis ini pada anak-anak. Karena terlalu bahaya. Gigitan hamster panda lumayan "SAKIT". Bayangkan kalo anak kecil digigit, pasti nangis. Kasian kan!!

Kelebihan Hamster Panda : Warna bulu bagus, lucu, suka melompat-lompat dan untuk mengembang biakkan lumayan gampang.

Kekurangan Hamster Panda : Suka menggigit, tidak cocok untuk anak-anak dan orang yang suka memanjakan hamster. Nanti kalo lagi dielus-elus terus digigit kan repot.

http://c.wrzuta.pl/wi632/cedbd15b0023d15f479f1d20/0/panda%20hamster
  • Hamster Winter
Hamster Winter memiliki jenis yang berbeda-beda..
Winter White Pearl

http://www.hamsterific.com/images/hamsters/WinterWhiteBobWhite.jpg
Winter Golden
http://3.bp.blogspot.com/_KKbH7vPgIZI/RoZHQedRZmI/AAAAAAAAAeA/Z5leEJ_hTiA/s400/baby-hamster-pudding-sleeping.jpg
Winter Tiger
http://www.hamsterhideout.com/illustrations/marlene/normalww.jpg
Winter Violet
Winter Sapphire
Kelebihan Hamster Winter White :Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Kekurangan Hamster Winter White: Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.



TIPS MERAWAT HAMSTER:
  • Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir,serutan kayu atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamster sebagai alasnya. Serutan kayu ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Kalau saya lebih suka memakai serutan kayu. Selain itu serutan kayu ini dipakai untuk mengubur makanan, atau bayi hasmter jika mempunyai anak.
  • Ganti serutan kayu setiap seminggu sekali atau jika sudah sangat bau dan kotor. Setelah seminggu atau dua minggu, serutan kayu akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika mau sedikit repot, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang.
  • Cara mencucinya, pasir bekas pakai tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga mudah untuk dibuang dan dipisahkan dari pasirnya.Setelah itu dijemur agar cepat kering.
  • Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk minuman, sesuai saran penjualnya, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah (tauge), timun,atau buah yang berair setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Banyak orang memberi minum dengan air sehingga kandang menjadi basah dan hamster mudah sakit dan mati.
  • Tambahkan makanan baru hanya jika makanan yang sudah ditaburkan atau disediakan di tempat makanan sudah habis termakan. Ini untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang.
  • Jika induk betina melahirkan, pisahkan dari hamster pejantan atau hamster lainnya, dan perbanyak makan kecambah. Ciri-ciri hamster betina yang akan melahirkan terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit dan si induk seperti gelisah mondar-mandir dalam kandang dengan tingkat keaktifan yang lebih tinggi dari biasanya. Betina juga lebih senang memojok dan menggali-gali. Jangan lupa beri potongan kain untuk membuat sarang buat bayi-bayi hamster yang akan dilahirkan.

Ciri2 Hamster Hamil:

1. keluar sedikit darah dari alat kelamin
2. puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama.
3. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping)
4. lebih banyak makan dan minum
5. lebih agresif dan galak.
6. suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil, ya itu dia sedang tidak suka dengan pejantan.
7.kalau ditekan perutnya(jangan terlalu kuat) akan terasa benjolan. Pada umumnya masa hamil hamster itu 20 hari...

Tips Merawat Yamster Yang Lagi Hamil

1.
Bila perut hamstermu udah tampak buncit (betina) diharuskan pejantannya dipisah.

2. Bersihkan kandang yang akan ditempati sibetina kalau perlu dicuci supaya hamsternya merasa nyaman dan tenang, dan usahakan keluarkan mainannya sebab hamster yang lagi hamil tingkat keagresifannya sangat tinggi dan cara ini bisa mengurangi resiko keguguran bagi sibetina. Dan sediakan aksesoris rumah untuk sarangnya, ntar hamsternya bakal melahirkan didalam rumahnya, jangan lupa juga untuk memasukkan sobekan kain-kain kecil warna hitam sebagai alas didalam rumahnya.

3. Berikan makanan yang bergizi seperti kuaci (mentah), biji milet, kenari seed, biskuit, roti, telor rebus (putihnya saja 3hr 1x), wortel (separuh saja selama 1mg), jagung muda(seminggu sekali), singkong rebus, apel (separuh 1mg), dan toge diberikan secara berkala pagi dan sore secukupnya.

4. Stelah hamsternya melahirkan jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama dua minggu hingga bayinya sudah tumbuh bulu, kalau ngak ntar anaknya bisa dimakan. Ada beberapa faktor kenapa siIbu menjadi kanibal, biasanya itu dikareakan bau manusia ditubuh siBayi, induknya setress karna suasana disekitarnya terlalu ramai oleh manusia atau binatang pemangsanya jadi pikirkan sedikit setting kandangnya, siinduk kelaperan jadi jangan sampai suplai makanannya habis, sianak lemah biasanya dikarnakan saat induknya hamil kekurangan gizi hal itu juga bisa jadi sebab kekanibalan terhadap hamster. Bila memang terpaksa harus memegang induk dan bayinya disarankan menggunakan sarung tangan supaya siinduknya tidak mencium bau manusia (netral).

5. Setelah si bayi berumur 2 minggu sudah boleh dipisahkan dengan ibunya. Dan siibu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga boleh dimasukkan kedalam kandangnya. Tapi ingat jangan sekali-kali mencampur bayi yang berumur 2 minggu tersebut dengan kedua induknya sebab sipejantan bisa saja membunuh anak-anaknya dan memakannya. Biasanya setelah sibetina dicampur lagi dengan pejantannya, dia bakal hamil lagi dalam kisaran 2 minggu berikutnya.


http://1.bp.blogspot.com/_2_RZi3rip6c/SkZwC2ddeuI/AAAAAAAAAAM/Ad7OkbvarG4/s320/hamil.jpg

0 komentar

Poskan Komentar

kotak penelusuran

Memuat...

Entri Populer

profil rian cebe

semoga apapun yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk semua.

chat


ShoutMix chat widget

pengikut